Konstribusi Remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah Terhadap Pemahaman Keagamaan Masyarakat Di Kemukiman Sungai Limpah

Debi Nurfajriani, 180201176 (2024) Konstribusi Remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah Terhadap Pemahaman Keagamaan Masyarakat Di Kemukiman Sungai Limpah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Konstribusi Remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah Terhadap Pemahaman Keagamaan Masyarakat Di Kemukiman Sungai Limpah] Text (Konstribusi Remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah Terhadap Pemahaman Keagamaan Masyarakat Di Kemukiman Sungai Limpah)
Debi Nurfajriani, 180201176, FTK, PAI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pemahaman keagamaan di peroleh melalui menuntut ilmu agama yang seharusnya menjadi suatu keawajiban bagi seorang muslim. Ternyata masih banyak masyarakat yang lalai dalam menuntut ilmu agama. Sehingga banyak masyarakat yang minim akan pemahaman keagamaan. Karena hal tersebut, remaja Masjid Al- Fatah Sungai Limpah diharapkan dapat mengajak dan membimbing masyarakat khususnya di Kemukiman Sungai Limpah untuk melakukan berbagai konstribusi untuk pemahaman keagamaan masyarakat Kemukiman Sungai Limpah. Rumusan Masalah penelitian ini adalah (1) Kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah terhadap pemahaman keagamaan masyarakat di kemukiman Sungai Limpah (2) Apakah dampak positif pemahaman keagamaan dari kegiatan Remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah terhadap masyarakat di kemukiman Sungai Limpah. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan setiap peristiwa yang terjadi selama penelitian berlangsung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan yang dilakukan oleh Remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah adalah memakmurkan Masjid, membentuk pengajian, memperingati hari-hari besar Islam, pengumpulan dan pembagian zakat (2) Dampak positif dari kosntribusi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah yaitu adanya semangat shalat berjamaah warga masyarakat, tidak minimnya ilmu agama bagi masyarakat mukim Sungai Limpah, semaraknya warga dalam memperingati hari-hari besar Islam, serta terbentuknya kesadaran masyarakat dalam memberi zakat. Kesimpulan dari tulisan ini bahwa dengan kegiatan yang dilakukan oleh remaja Masjid Al-Fatah Sungai Limpah kemukiman Sungai Limpah telah terciptanya kenyamanan dan kerukunan hidup tidak hanya untuk remaja masjid tetapi juga untuk kemukiman Sungai Limpah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Debi Nurfajriani
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:44
Last Modified: 29 Feb 2024 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35830

Actions (login required)

View Item
View Item