Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA di Wilayah Kabupaten Aceh Barat

Suharman, 30183836 (2024) Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA di Wilayah Kabupaten Aceh Barat. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kompetensi   Pedagogik   dan   Profesional Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA di Wilayah Kabupaten Aceh Barat] Text (Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA di Wilayah Kabupaten Aceh Barat)
9. FULL DISERTASI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMA yang berada dalam wilayah Aceh Barat. Penentuan narasumber menggunakan purposive sampling. Narasumber adalah para kepala SMA di wilayah Aceh Barat, pada guru Pendidikan Agama Islam dan siswa-siswi SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk mengidentifikasi kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam evaluasi pembelajaran, untuk mengidentifikasi kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam evaluasi pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil analisis instrumen evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA pada Aceh Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA dalam wilayah Aceh Barat berjalan dengan kombinasi konvensional dan digital. Evaluasi formatif dilaksanakan secara konvensional sedangkan evaluasi sumatif dilaksanakan secara digital. Kompetensi pedagogik guru tergolong baik, namun harus ditingkatkan pada aspek refleksi hasil evaluasi, pengembangan pedoman evaluasi serta penggunaan bentuk evaluasi yang variatif dan berorientasi pada kebutuhan siswa. Kompetensi profesional guru berada pada kategori baik, namun perlu peningkatan pada penggunaan uji validitas dan uji reliabilitas dan penyusunan soal berbasis HOTS.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suharman Suharman
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:58
Last Modified: 29 Feb 2024 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35836

Actions (login required)

View Item
View Item