Efektifitas Nazhir Dalam Pengelolaan Dan Pemanfaatan Harta Wakaf (Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidzhul Quran Sulaimaniyah Habibie Center Blang Bintang, Aceh Besar)

Ilham, 190602078 (2023) Efektifitas Nazhir Dalam Pengelolaan Dan Pemanfaatan Harta Wakaf (Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidzhul Quran Sulaimaniyah Habibie Center Blang Bintang, Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Wakaf Manfaat, Nazhir, Pemanfaatan] Text (Wakaf Manfaat, Nazhir, Pemanfaatan)
Ilham, 190602078, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Pondok Pesantren Tahfidzhul Quran Sulaimaniyah Habibie Center merupakan salah satu harta wakaf sementara dari hasil kerjasama Yayasan Sulaimaniyah dengan Yayasan Habibie Center yang telah dikelola secara efisien oleh nazhir. Akibatnya pesantren ini mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring berjalannya waktu dan transparan serta memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia termasuk di Aceh. Dalam mengelola harta wakaf, efektifitas menjadi kriteria penilaian penting bagi nazhir sebagai tujuan dalam mengelola dan memanfaatkan harta wakaf untuk memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi nazhir dalam pengelolaan dan pemanfaatan harta wakaf di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center, mengetahui efektifitas pengelolaan dan pemanfaatan bangunan harta wakaf di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center, dan mengetahui dampak pengelolaan dan pemanfaatan bangunan harta wakaf Sulaimaniyah terhadap perekonomian daerah sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang terdiri dari nazhir (pengelola) pesantren, santri dan alumni pesantren, mukim gampong, dan masyarakat sekitar. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Strategi nazhir dalam pengelolaan dan pemanfaatan bangunan harta wakaf dengan mengelola dan memanfaatkan Dana ZIS (Zakat, Infak, dan Sedekah) dan wakaf barang sesuai peruntukkannya sebagai biaya operasional pesantren untuk keberlangsungan pembelajaran santri; (2) Efektifitas pengelolaan dan pemanfaatan bangunan harta wakaf dinilai telah efektif berdasarkan indikator efektifitas yakni produktivitas, efisiensi, transparansi, dan dampak positif bagi masyarakat sekitar; dan (3) Dampak pengelolaan dan pemanfaatan bangunan harta wakaf Sulaimaniyah terhadap perekonomian daerah sekitar yaitu diamati dari segi ekonomi, sosial, keagamaan dan peran wakaf.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ilham Ilham
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:10
Last Modified: 04 Mar 2024 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35841

Actions (login required)

View Item
View Item