Framing Pemberitaan Pada Korban Pelecehan Seksual Melalui Media Online Aceh.Tribunnews.com Edisi Oktober 2021

Farah Nur Anggraini, 180401069 (2022) Framing Pemberitaan Pada Korban Pelecehan Seksual Melalui Media Online Aceh.Tribunnews.com Edisi Oktober 2021. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Aceh.Tribunnews.com,  Framing, Pelecehan Seksual.] Text (Aceh.Tribunnews.com, Framing, Pelecehan Seksual.)
Farah Nur Anggraini, 180401069, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Dalam pemberitaan kasus pelecehan seksual di media terkadang terdapat penulis berita (wartawan) yang cenderung mengabaikan aspek pelecehan terhapat korban dalam beritanya, tetapi lebih menonjolkan sisi lain . Penelitian ini menjelaskan tentang komunikasi massa dalam framing pemberitaan pelecehan seksual di media online Aceh.tribunnews.com edisi Oktober 2021 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pemberitaan terkait pelecehan seksual di Aceh. tribunnews. com edisi Oktober 2021 dan bagaimana pola framing pemberitaannya . Penelitian ini masuk dalam kelompok kualitatif dan di tulis dengan cara deskriptif. Analisis naskah berita dilakukan dengan menggunakan pendekatan konten analisis . Dari hasil penelitian didapatkan 10 berita terkait pelecehan seksual di media online Aceh.tribunnews.com edisi Oktober 2021. Dari 10 berita tersebut terdapat sebanyak 2 berita yang mengandung framing . hasil penelitian menunjukkan bahwa wartawan dalam menyajikan berita di Aceh.tribunnews.com edisi Oktober 2021 lebih condong melihat dari sisi lain dengan pola memutarbalikkan fakta atau menutupi sebagian fakta yang terjadi . Adapun pola framing yang digunakan ialah dengan cara mengaburkan kejadian yang sesungguhnya pada judul dan isi berita yang terlihat mengabaikan unsur pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Farah Nur Anggraini
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:50
Last Modified: 08 Mar 2024 01:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35871

Actions (login required)

View Item
View Item