Pengaruh Pembelajaran Blok Sistem Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI SMKN 2 Sigli

Muhammad Nauval, 180211071 (2024) Pengaruh Pembelajaran Blok Sistem Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI SMKN 2 Sigli. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Blok Sistem Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI SMKN 2 Sigli] Text (Pengaruh Pembelajaran Blok Sistem Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI SMKN 2 Sigli)
Muhammad Nauval, 180211071, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan akan tercapainya tujuan pendidikan tidak terlepas dari pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan Sistem Blok pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI SMKN 2 Sigli, bagaimana pengaruh Sistem Blok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMKN 2 Sigli, dan faktor apa sajakah yang mempengaruhi keberhasilan penerapan Sistem Blok pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan Desain Experiment Semu dan Quasy Experimental. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 siswa terdiri dari 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas experiment. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik berupa korelasi kausal/rasio efek dengan model regresi sederhana dengan aplikasi statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak terlalu signifikan pembelajaran blok sistem terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik sebagaimana perhitungan t-test hasilnya menunjukkan bahwa t-hitung yaitu 3,864 sedangkan t- tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,060, yang diperoleh pada akhir perlakuan yaitu 77,72 untuk kelas eksperimen dan 74,40 untuk kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Nauval Nauval
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:52
Last Modified: 01 Mar 2024 07:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35874

Actions (login required)

View Item
View Item