Pengembangan Bahan Ajar E-Handout Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI Di MAPN 4 Medan

Siti Fathia Faruza, 190207012 (2024) Pengembangan Bahan Ajar E-Handout Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI Di MAPN 4 Medan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar E-Handout Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI Di MAPN 4 Medan] Text (Pengembangan Bahan Ajar E-Handout Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI Di MAPN 4 Medan)
Siti Fathia Faruza, 190207012, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran di MAPN 4 Medan yaitu bahan ajar yang digunakan kurang bervariasi, sehingga membuat peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan dan kurangnya minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain bahan ajar, untuk menganalisis hasil validasi, dan untuk mendeskripsikan hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar e-handout berbasis kontekstual pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI di MAPN 4 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah penguji ahli, yaitu 2 ahli media yang merupakan 2 dosen pendidikan biologi, dan 2 ahli materi yang merupakan 1 dosen pendidikan biologi dan 1 guru bidang studi biologi, dan 42 peserta didik kelas XI IPA di MAPN 4 Medan. Objek pada penelitian ini adalah uji kelayakan dan respon peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, validasi dan menggunakan angket respon. Instrumen penelitian ini berupa lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi dan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-handout berbasis kontekstual yang dikembangkan. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan bahan ajar e-handout berbasis kontekstual oleh ahli media dengan persentase 80,5% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 85,6% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji kelayakan keseluruhan menunjukkan persentase 82,9% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar e-handout berbasis kontekstual memperoleh hasil sebesar 86,4% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Fathia Faruza
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:52
Last Modified: 01 Mar 2024 07:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35887

Actions (login required)

View Item
View Item