Gambaran Layanan Bimbingan Konseling Pada Santri MTST Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Komplek Villa Buana Gardenia Kabupaten Aceh Besar

Amiratul Adilah, 190402058 (2023) Gambaran Layanan Bimbingan Konseling Pada Santri MTST Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Komplek Villa Buana Gardenia Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Gambaran Layanan Bimbingan Konseling Pada Santri MTST Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Komplek Villa Buana Gardenia Kabupaten Aceh Besar] Text (Gambaran Layanan Bimbingan Konseling Pada Santri MTST Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Komplek Villa Buana Gardenia Kabupaten Aceh Besar)
GAMBARAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA SANTRI MTsT DAARUT TAHFIDZ AL (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan bimbingan dan konseling memerlukan manajemen agar tercapai efisiensi dan efektivitas serta tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Bimbingan konseling bertujuan memberikan bantuan pelayanan bimbingan konseling pada peserta didik. MTsT Daarut Tahfidz Al-Ikhlas memiliki layanan bimbingan dan konseling yang baru berjalan untuk membantu santri dan santriwati, menurut beberapa pengakuan santri tentang BK di MTsT Daarut Tahfidz Al-Ikhlas membuat mereka kebingungan dengan fungsi BK tersebut. Tujuan masalah dalam penelitian adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan konseling pada santri MTsT Daarut Tahfidz Al-Ikhlas (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pengmabat dalam memberikan layanan bimbingan konseling di MTsT Daarut Tahfidz Al-Ikhlas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisi. Pada penelitian ini menggunakan metode probability sampling yaitu dengan simple random sampling, metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Gambaran Layanan Bimbingan Konseling pada MTsT Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Villa Buana Gardenia Ajun Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar dapat dikategorikan cukup baik, kariena siemua kiompionien yang ada di siekiolah sudah tierarah untuk membantu mengembangkan potensi yang dimiliki anak didiknya. Kemudian faktor yang menjadi penghambat dalam pemberian layanan bimbingan konseling, yaitu kurangnya tenaga pendidik, ruang BK tidak ada, keterbatasan waktu dalam memberikan layanan bimbingan konseling, serta kurangnya niat siswa untuk mengikuti kegiatan layanan BK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Amiratul Adilah Amira
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:09
Last Modified: 04 Mar 2024 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35914

Actions (login required)

View Item
View Item