Penyalahgunaan Ganja Oleh Generasi Muda Menurut Hukum Pidana Islam (Study kasus Di Mukim Lamteuba Kec. Seulimuem Kab. Aceh Besar)

Ridhatillah, 190104021 (2023) Penyalahgunaan Ganja Oleh Generasi Muda Menurut Hukum Pidana Islam (Study kasus Di Mukim Lamteuba Kec. Seulimuem Kab. Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penyalahgunaan Ganja Oleh Generasi Muda Menurut  	   Hukum Pidana Islam (Study kasus Di Mukim Lamteuba	  Kec. Seulimuem Kab. Aceh Besar)] Text (Penyalahgunaan Ganja Oleh Generasi Muda Menurut Hukum Pidana Islam (Study kasus Di Mukim Lamteuba Kec. Seulimuem Kab. Aceh Besar))
Skripsi Ridhatillah(190104021) HPI new.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penyalahgunaan ganja oleh generasi muda menjadi perhatian khusus dalam konteks hukum pidana Islam dan juga membahas peran masyarakat dan keluarga dalam mendukung upaya pencegahan penyalahgunaan ganja di kalangan generasi muda, sejalan dengan nilai-nilai Islam. Permasalahan yang di angkat dalam skripsi ini, yakni pertama, Penyalahgunaan Ganja Oleh Generasi Muda Di Mukim Lamteuba Kecamatan Seulimeuem Kabupaten Aceh Besar. Kedua, Konsep Penyalahgunaan Ganja Di Kalangan Generasi Muda Mukim Lamteuba Menurut Hukum Islam. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan tersebut. Metode penelitian pada skripsi ini adalah penelitian hukum yuridis empiris dan jenis penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan melihat kembali hasil wawancara yang telah dikumpulkan, lalu melakukan pengolahan data melalui proses penyuntingan. Penulis menyimpulkan bahwa faktor penyebab terjadinya penyalahguaan ganja oleh generasi muda tersebut yaitu: Penyebab utama faktor lingkungan di karenakan, di kalangan generasi muda memakai ganja pertama sekali didorong oleh pergaulan yang salah, sehingga untuk menunjukkan solidaritas setia kawan mereka ikut memakai ganja. Faktor tidak adanya pekerjaan menjadi salah satu penyebab utama penyalahgunaan ganja oleh generasi muda di Mukim Lamteuba. Hal ini karena generasi muda yang tidak memiliki pekerjaan akan merasa frustasi dan mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif, seperti penyalahgunaan ganja. Penyalahgunaan ganja di kalangan generasi muda Mukim Lamteuba menurut hukum Islam dapat dilihat dari perspektif agama Islam yang mengatur tindakan dan perilaku umatnya. Dalam konteks maqasid al-Syar'iah dapat memberikan panduan terkait dengan tujuan-tujuan yang diinginkan oleh hukum Islam terkait penyalahgunaan ganja yaitu: Hifz al-din (pemeliharaan agama) Hifz al-Nafs (pemeliharaan jiwa), Hifz al-Aql (pemeliharaan akal), Hifz al-Mal (pemeliharaan harta), Hifz al-Nasl (pemeliharaan keturunan). Akal adalah sesuatu yang wajib dilindungi dari segala tindakan yang dapat merusaknya, seperti mengkonsumsi substansi yang bersifat memabukkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.55 Minum Keras dan Obat-Obat Terlarang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridha Tillah
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:50
Last Modified: 08 Mar 2024 01:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35915

Actions (login required)

View Item
View Item