Identifikasi Jamur Patogen Pada Air Kamar Mandi Pada Fasilitas Toilet Umum di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Rizkha Cahya Maulida, 160703055 (2023) Identifikasi Jamur Patogen Pada Air Kamar Mandi Pada Fasilitas Toilet Umum di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Jamur Patogen Pada Air Kamar Mandi Pada Fasilitas Toilet Umum di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Identifikasi Jamur Patogen Pada Air Kamar Mandi Pada Fasilitas Toilet Umum di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
SKRIPSI FIX!!!!.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengenalan resiko kesehatan yang berhubungan dengan kontaminasi jamur dalam air semakin penting dalam keamanan mikrobiologis dan kualitas air. Jamur adalah salah satu jenis mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia. Sebagai makhluk hidup kosmopolitan, jamur dapat ditemukan dimana saja dekat dengan keberadaan manusia, baik itu di air, tanah, udara, bahkan di tubuh manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah total koloni dan karakteristik jamur patogen pada air kamar mandi di fasilitas toilet umum kampus UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan sampel air kamar mandi yang diambil di 5 titik berbeda. Sampel air diambil sebanyak 0,5 ml lalu diisolasi ke dalam media Potato Dextrose Agar (PDA) dengan metode cawan sebar. Setelah diinkubasi selama 7 hari kemudian dilakukan perhitungan jumlah total koloni dan identifikasi jamur untuk mengetahui karakteristik makroskopis dan mikroskopis jamur. Hasil penelitian isolasi jamur pada media PDA yaitu total koloni yang diperoleh masing-masing dari 5 lokasi berbeda yaitu 60 koloni, 47 koloni, 25 koloni, 29 koloni dan 46 koloni. Hasil identifikasi dari 31 isolat murni ditemukan spesies yaitu Aspergillus sp., Aspergillus niger, A. fumigatus, A. flavus, Penicillium sp.,dan Mucor sp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Rizkha Cahya Maulida Cahya
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:08
Last Modified: 05 Mar 2024 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35916

Actions (login required)

View Item
View Item