Perkembangan Keagamaan Masyarakat Di Kota Calang Pasca Gempa Dan Tsunami

M. Farhan Almahda, 190501020 (2024) Perkembangan Keagamaan Masyarakat Di Kota Calang Pasca Gempa Dan Tsunami. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Perkembangan Keagamaan Masyarakat Di Kota Calang Pasca Gempa Dan Tsunami] Text (Perkembangan Keagamaan Masyarakat Di Kota Calang Pasca Gempa Dan Tsunami)
M. Farhan Almahda, 190501020, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Kota Calang pada tahun 2004 terjadi kerusakan yang sangat besar dan berdampak luas pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk kehidupan beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perkembangan keagamaan masyarakat di Kota Calang pasca bencana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif melibatkan pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan tokoh agama, dan diskusi kelompok terarah dengan warga masyarakat. Sementara itu, data sekunder dikumpulkan melalui studi literatur dan dokumen resmi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gempa dan tsunami berdampak signifikan terhadap kehidupan beragama masyarakat di Kota Calang. Banyak tempat ibadah rusak parah, dan sebagian besar hancur total. Ini memaksa orang untuk memulihkan atau membangun kembali tempat ibadah mereka. Namun, dalam proses pemulihan pascabencana, masyarakat Calang telah menunjukkan ketangguhan yang luar biasa dalam meningkatkan kehidupan beragamanya. Mereka bekerja sama dengan organisasi keagamaan, pemerintah, dan lembaga sosial untuk memulihkan tempat ibadah, mengadakan upacara keagamaan, dan memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan. Selain itu, masyarakat juga mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam proses rekonstruksi fisik dan pemulihan sosial. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa bencana tersebut mempererat rasa solidaritas dan persatuan di antara masyarakat Calang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: M. Farhan Almahda Farhan
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:33
Last Modified: 04 Mar 2024 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35926

Actions (login required)

View Item
View Item