Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Guru Di SMP Negeri 7 Banda Aceh

Nisrina, 190206087 (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Guru Di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan  Supervisi Akademik Guru Di SMP Negeri 7 Banda Aceh] Text (Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Guru Di SMP Negeri 7 Banda Aceh)
Nisrina, 190206087, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Strategi kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan: visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Salah satu tugas kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi akademik. Beberapa keterampilan yakni konseptual, interpersonal, dan teknikal diperlukan untuk melaksanakan supervisi akademik secara efektif. Tujuan penelitian untuk mengetahui teknik kepala sekolah, pendekatan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik guru di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Teknik kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik guru di SMP Negeri 7 Banda Aceh yaitu menggunakan teknik supervisi kunjungan kelas, supervisi individual, supervisi kelompok. (2) Pendekatan yang digunakan oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik guru dalam upaya membantu guru mengatasi kesulitan mengajar dengan menggunakan pendekatan secara langsung, pendekatan secara tidak langsung dan pendekatan kolaboratif. Kepala sekolah membangun hubungan kolaboratif dengan guru-guru, berfokus pada kerjasama dan saling pengertian. Mereka menggali pengetahuan dan pengalaman guru, serta mendukung pertukaran ide dan praktik terbaik. (3) Hambatan kepala sekolah dalam menjalankan supervisi akademik guru yaitu pelaksanaan supervisi yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya karena sering terjadi bentrokan dengan jadwal lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Supervisi Akademik guru
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nisrina Nisrina
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:57
Last Modified: 04 Mar 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35927

Actions (login required)

View Item
View Item