Hubungan Antara Internal Locus Of Control Dengan Homesickness Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Insan Quráni Kabupaten Aceh Besar

Suci Nursafitri, 190901082 (2023) Hubungan Antara Internal Locus Of Control Dengan Homesickness Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Insan Quráni Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Internal Locus of Control, Homesickness, Santri Baru] Text (Internal Locus of Control, Homesickness, Santri Baru)
Suci Nursafitri, 190901082, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Peralihan pada lingkungan baru dicerminkan oleh individu sebagai penderitaan akibat perpisahan dengan figur keterikatan dan lingkungan sosial yang menimbulkan perasaan stres dan depresi yang berujung pada kondisi yang disebut homesickness. Kondisi ini berkaitan dengan faktor internal locus of control. Individu yang memiliki kecenderungan internal locus of control akan mampu mengendalikan kehidupannya dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara internal locus of control dengan homesickness pada santri baru Dayah Insan Quráni Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk skala dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik sampling jenuh yaitu pengambilan sampel secara penuh karena populasi yang relatif kecil. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 santri dan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara internal locus of control dengan homesickness pada santri baru Dayah Insan Quráni Kabupaten Aceh Besar dengan nilai uji korelasi Spearman’s r=-0.458, p=0.000, α<0.05. hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara internal locus of control dengan homesickness pada santri baru Dayah Insan Quráni Kabupaten Aceh Besar. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi internal locus of control maka semakin rendah homesickness, sebaliknya semakin rendah internal locus of control maka semakin tinggi homesickness.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Suci Nursafitri Suci
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:51
Last Modified: 04 Mar 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35930

Actions (login required)

View Item
View Item