Fotografi Dalam Komunikasi Bisnis (Analisis Terhadap Minat Berfoto Wisudawan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Mulia Akbar, 170401086 (2023) Fotografi Dalam Komunikasi Bisnis (Analisis Terhadap Minat Berfoto Wisudawan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Fotografi Dalam Komunikasi Bisnis (Analisis Terhadap Minat Berfoto Wisudawan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Fotografi Dalam Komunikasi Bisnis (Analisis Terhadap Minat Berfoto Wisudawan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
REVISI setelah SIDANG acc.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pada momen wisuda, jasa fotografi sangat dibutuhkan guna untuk mendokumentasikan suasana dan proses wisuda. Pengusaha jasa fotografi wisudawan biasanya hanya ada pada saat hari perayaan wisuda saja, dengan mendirikan stand-stand serta dibantu dengan dekorasi papan bunga. Peminat jasa fotografi di stand foto papan bunga terus menurun. Penurunan ini terjadi setelah adanya jasa baru yang hadir seperti fotografer panggilan, bahkan sampai studio foto dengan gaya milenial. Terobosan itulah yang membuat jasa fotografi di stand foto papan bunga kurang diminati oleh wisudawan. Penelitian ini mengkaji tentang “Fotografi Dalam Komunikasi Bisnis (Analisis Terhadap Minat Berfoto Wisudawan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Pengusaha jasa fotografi harus mengetahui dan membuat strategi komunikasi bisnis yang tepat untuk tetap dapat menarik minat wisudawan untuk menggunakan jasanya. Sehingga jasa fotografi wisudawan ini akan tetap eksis dan bertahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis usaha fotografi wisudawan dalam menarik minat berfoto wisudawan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dan untuk hambatan yang dialami pengusaha fotografi wisudawan dalam menarik minat berfoto wisudawan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan teori AIDA. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dengan pengusaha stand foto papan bunga dan wisudawan. Hasil penelitian ini mengatakan bahwasanya dengan menyediakan stand foto papan bunga yang menarik, menyapa konsumen, adanya agen atau sales dapat menarik minat berfoto wisudawan. Adapun hambatan yang dialami pengusaha fotografi wisudawan dalam menarik minat berfoto wisudawan terdapat 2 hambatan yaitu lokasi yang kurang strategis dan banyaknya fotografer panggilan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mulia Akbar Mulia
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:24
Last Modified: 04 Mar 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35933

Actions (login required)

View Item
View Item