Penggunaan Media Maze untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak di TK IT Mon Kuta

Khalizazia, 170210121 (2023) Penggunaan Media Maze untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak di TK IT Mon Kuta. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Berbicara] Text (Kemampuan Berbicara)
Khalizazia, 170210121, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara awal di TK IT Mon Kuta, diketahui bahwa kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun belum berkembang hal ini adapat dikatahui ketika anak kesulitan untuk menjawab pertanyaan guru mengenai pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya, anak masih terbata-bata menjawab pertanyaan yang diajukan oleh teman sebanyanya serta anak tidak terlibat dalam percakapan yang dilakukan ketika pembelajaran berlangsung dan anak cenderung tidak melakukan komunikasi dengan teman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media maze untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak di TK IT Mon Kuta, Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Quasi Eksperimental Desing, bentuk Pretest-Posttest Control Group Desing. Diperoleh nilai pretest, post-test kelas eskperimen A2 dan nilai pretest, posttest dengan nilai rata-rata persentase 49,00 pada kelas postttet dan nilai rata-rata persentase posttest 58,34 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata persentase pretest 58,33 dan nilai rata-rata persentase post-test 65,17. Maka pada penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya penggunaan media maze dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak di TK IT Mon Kuta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Khalizazia Zia
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:28
Last Modified: 05 Mar 2024 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35942

Actions (login required)

View Item
View Item