Pengelolaan Media Belajar Berbasis Teknologi Dalam Peningkatan Hard Skill Peserta Didik di SMKN 1 Sinabang

Cut Putri Aminur, 170206094 (2023) Pengelolaan Media Belajar Berbasis Teknologi Dalam Peningkatan Hard Skill Peserta Didik di SMKN 1 Sinabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Media Belajar Berbasis Teknologi] Text (Pengelolaan Media Belajar Berbasis Teknologi)
Cut Putri Aminur, 170206094, FTK, PFS, 082249536048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan media dapat berjalan dengan baik dan efisien maka diperlukan sarana dan prasarana. Fasilitas yang lengkap tentu dapat meningkatkan mutu peserta didik jika digunakan sebaik mungkin. Terutama penggunaan media belajar berbasis teknologi maka diperlukan peran dari sekolah terutama bidang sarana dan prasarana dalam pemanfaatannya. Media sangat penting dalam proses belajar, namun ketersediaannya masih kurang dilain pihak peserta didik dituntut pandai menggunakan media. Oleh karena itu penulis tertarik mengambil permasalahan ini. Berdasarkan permasalahan diatas penulis ini mengkaji pengelolaan media belajar berbasis teknologi dalam peningkatan hard skill peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan penggunaan media teknologi, pemanfaatan media teknologi, serta kendala dalam media teknologi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah waka sarpras, guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan penggunaan media belajar berbasis teknologi yang meliputi: menentukan tujuan, keterpaduan, keadaan peserta didik, ketersediaan media teknologi dan biaya. (2) Pemanfaatan dilakukan untuk meningkatkan hard skill peserta didik, dan pemanfaatannya pada semua unsur yang dilakukan guru termasuk dalam proses belajar mengajar. (3) kendala dalam media belajar berbasis teknologi yaitu: faktor eksternal berupa sarana dan prasarana yang belum memadai, Sedangkan faktor internal adalah kurangnya kepercayaan diri dari guru dalam menggunakan media teknologi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri Rahmi, M.A 2. Dr. Abdul Hadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Media Teknologi, Hard Skill
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cut Putri Aminur Cut
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:48
Last Modified: 05 Mar 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35946

Actions (login required)

View Item
View Item