Model Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Di SMAN 4 Teupah Selatan Simeulue

Almi Falensia, 190206103 (2024) Model Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Di SMAN 4 Teupah Selatan Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Model Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Di SMAN 4 Teupah Selatan Simeulue] Text (Model Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Di SMAN 4 Teupah Selatan Simeulue)
Almi Falensia, 190206103, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Model-model manajemen kelas yang telah dikembangkan memiliki tujuan untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul didalam kelas, seperti kurangnya disiplin siswa, konflik antar siswa, dan ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi kenyataannya di SMAN 4 Teupah Selatan Simeulue masi terdapat masalah-masalah yang muncul didalam kelas. Tujuan penelitian untuk menemukan perencanaan manajemen kelas, pelaksanaan manajemen kelas dan model manajemen kelas dalam peningkatan efektifitas pembelajaran di SMAN 4 Teupah Selatan Simeulue. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dokumentasi kemudian dianalisis melalui deskriptif-evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan manajemen kelasnya ialah (1) membuat aturan dan rutinitas (2) memberikan intruksi yang jelas (3) mendorong perilaku positif (4) membangun hubungan positif dengan siswa dan pelaksanaan manajemen kelas yang diterapkansudah (1) tujuan yang jelas (2) target yang tepat (3) strategi yang efektif (4) sumber daya yang cukup (5) evaluasi yang sistematis serta model manajemen kelas disekolah ini sudah baik dan benar sehingga kebanyakan peserta didiknya aktif dikelas meskipun alat pendukung pembelajaran seperti kipas belum memadai tetapi tetap efektif dan efisien. Model manajemen kelas di SMAN 4 Teupah Selatan Simeulue menggunakan model Wong(aturan dan prosedur jelas serta terstruktur), model Kagan(mengutamakan kerjasama kelompok dan interaksi antar siswa), model Jones(penguatan pembelajaran akhlak). Untuk peneliti selanjutnya agar dapat meneliti tentang media daya tarik siswa untuk membaca diperpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Almi Falensia
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:35
Last Modified: 05 Mar 2024 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35948

Actions (login required)

View Item
View Item