Helmi Miswanda, 170201142 (2024) Pengaruh Game Online Terhadap Pembentukan Akhlak Anak Usia 7-12 Tahun di Gampong Lueng Baro, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Game Online Terhadap Pembentukan Akhlak Anak Usia 7-12 Tahun]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Helmi Miswanda, 170201142, FTK, PAI, 082213613926.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Game online saat ini sangat banyak digunakan dari berbagai kalangan terutama dari kalangan anak-anak. Banyak dari orang tua yang mengkhawatirkan bahwa game online berpengaruh terhadap pembentukan akhlak anak usia 7-12 tahun, berdasarkan latar belakang masalah tersebut yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apa saja pengaruh game online terhadap pembentukan akhlak anak usia 7-12 tahun di Gampong Lueng Baro, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, (2) Upaya- upaya apa yang akan dilakukan oleh orang tua agar anak usia 7-12 tahun terhindar dari pengaruh game online di Gampong Lueng Baro, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan bahwa game online berpengaruh buruk pada akhlak anak usia 7-12 tahun di Gampong Lueng Baro, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, di antaranya adalah : (1) mengucapkan kata- kata kasar, (2) marah marah ketika kalah dalam bermain game online, (3) berbohong ketika tidak diberikan kuota internet, (4) mengabaikan teguran saat sedang bermain game online, (5) menganggu pola tidur, dan (6) penurunan interaksi sosial. Adapun upaya-upaya yang harus dilakukan oleh orang tua agar anak usia 7-12 tahun di Gampong Lueng Baro, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya adalah : (1) bersikapa tegas kepada anak waktu bermain game online, (2) membatasi waktu bermain game online, (3) memberikan perhatian lebih kepada anak, (4) temukan alternatif yang menyenangkan selain bermain game online
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems 200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Helmi Miswanda Helmi |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 02:51 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 02:51 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35953 |