Analisis Ide Sentral Naskah Khasiat Rempah-Rempahan (Kajian Teks Koleksi Museum Pedir)

Rahmatillah, 190501097 (2024) Analisis Ide Sentral Naskah Khasiat Rempah-Rempahan (Kajian Teks Koleksi Museum Pedir). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Ide Sentral Naskah Khasiat Rempah-Rempahan (Kajian Teks Koleksi Museum Pedir)] Text (Analisis Ide Sentral Naskah Khasiat Rempah-Rempahan (Kajian Teks Koleksi Museum Pedir))
Rahmatillah, 190501097, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Ide Sentral Naskah Khasiat Rempah-rempahan (Kajian Teks Koleksi Museum Pedir). Naskah Khasiat Rempah-rempahan ini merupakan naskah Arab-Melayu yang membahas khasiat rempah sebagai obat. Naskah ini merupakan koleksi Museum Pedir dengan nomor inventaris MS.PM.0432/2019 yang termasuk dalam kumpulan teks yang berjumlah 94 halaman. Teks khasiat rempah merupakan teks ke-11 yang terdapat pada halaman 22 hingga 32. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak naskah-naskah yang belum dikaji secara tuntas dan kondisi naskah yang perlu penanganan serius, akibatnya informasi dalam naskah tidak dapat dipahami secara sempurna. Maka tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan suntingan teks agar dapat dibaca dengan benar serta mengangkat ide-ide sentral yang terdapat dalam naskah khasiat rempah sebagai informasi yang berguna bagi masyarakat. Dikarenakan naskah khasiat rempah ini merupakan naskah tunggal, maka metode yang digunakan yaitu metode penelitian naskah tunggal dengan edisi standar. Selain itu, pada penelitian ini penulis menggunakan teori pemanfaatan herba dalam dunia kesehatan untuk mengkaji naskah. Ide sentral yang terdapat dalam teks ini ialah rempah-rempah yang digunakan untuk pengobatan, beberapa rempah tersebut ialah jintan hitam, hinggu, minyak tanah, halia, bawang merah, bawang putih, ma’jun, ketumbar, pala, beras gandum, cengkeh, cuka masam, dan khelembak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama: suntingan teks dengan edisi standar, dan kedua: mengetahui dengan jelas isi naskah khasiat rempah-rempahan yang membahas tentang cara pengobatan menggunakan rempah-rempah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Rahmatillah Rahmatillah
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:52
Last Modified: 05 Mar 2024 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35955

Actions (login required)

View Item
View Item