Peran Komite dalam Pengontrolan Mutu Pendidikan di MTsN 1 Banda Aceh

Siti Humairah, 190206034 (2023) Peran Komite dalam Pengontrolan Mutu Pendidikan di MTsN 1 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Komite dalam Pengontrolan Mutu Pendidikan di     MTsN 1 Banda Aceh] Text (Peran Komite dalam Pengontrolan Mutu Pendidikan di MTsN 1 Banda Aceh)
SKRIPSI Siti Humairah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Mutu pendidikan merupakan faktor penting dalam suatu lembaga pendidikan, akan tetapi masih banya sekolah-sekolah yang kurang memperhatikan mutu pendidikan dan masih kurangnya keterlibatan komite sekolah sebagai pengontrolan dalam meningkatkan mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan tentang: 1) peran komite sebagai pengontrolan perencanaan program sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2) peran komite dalam memantau pelaksanaan program sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, 3) peran komite dalam mengawasi output pendidikan di MTsN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, komite sekolah, guru dan waka kurikulum. lokasi dilakukan penelitian ini adalah di MTsN 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa komite sekolah menjalankan perannya sebagai pengontrol mutu pendidikan di sekolah mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengevaluasian. Komite dalam menjalankan perannya sebagai pengontrol memiliki tiga fungsi utama yaitu: (1) pengontrol perencanaan mutu pendidikan mulai dari perencanaan program-program pendidikan yang ada di MTsN 1 Banda Aceh komite sekolah selalu ikut merencanakan program yang ada di sekolah (2) komite sekolah selalu menggontrol setiap pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan di MTsN 1 Banda Aceh, (3) peran komite dalam pengawasan terhadap hasil output pendidikan, akan tetapi komite sekolah di MTsN 1 Banda Aceh tidak ikut serta mengontrol hasil pelaksanaan ujian akhir hanya ikut serta dalam pengawasan terhadap pelaksanaan ujian akhir siswa. Mutu sekolah MTsN 1 Banda Aceh dengan terpenuhinya standar 8 standar nasional pendidikan serta sekolah mempunyai program kegiatan yang di unggulkan. Mutu pendidikan di MTsN 1 Banda Aceh dapat dilihat dari a) akreditasi sekolah, b) lulusan yang di terima di sekolah terbaik, c) mempunyai guru yang berkompetensi serta kinerja baik, d) prestasi hasil UN serta rata-rata UN, e) prestasi dalam berkompetisi baik dalam akademik maupun non akademik, dan f) berkarakter baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Humairah Siti
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:10
Last Modified: 05 Mar 2024 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35958

Actions (login required)

View Item
View Item