Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Motivasi Utilitarian Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce (Studi Pada Mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)

Halil Maulana, 160604017 (2024) Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Motivasi Utilitarian Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce (Studi Pada Mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Motivasi Utilitarian Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce] Text (Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Motivasi Utilitarian Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce)
SKRIPSI HALIL MAULANA 160604017 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Halil Maulana
NIM : 160604017
Fakultas/Prodi :Ekonomi dan Bisnis Islam/Ilmu Ekonomi
Judul : Pengaruh Motivasi Hedonis dan Motivasi Utilitarian Terhadap Pembelian Impulsif pada E-commerce
Pembimbing I : Marwiyati, SE., MM
Pembimbing II : Yulindawati, SE., MM
Kata Kunci : Motivasi Hedonis, Motivasi Utilitarian, Pembelian Impulsif, E-commerce.
E-commerce adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui jaringan internet dan yang menjadi wadah atau tempat untuk melakukan proses transaksi jual beli pada E-commerce adalah website, marketplace dan media sosial. Seiring dengan berkembangnya E-commerce berdampak pada perilaku konsumen yang mengakibatkan terjadinya kegiatan pembelian yang dilakukan tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu atau yang disebut dengan pembelian impulsif. Adapun yang menjadi faktor dalam penelitian ini adalah motivasi hedonis dan motivasi utilitarian. Motivasi hedonis merupakan pengalaman berbelanja yang memuaskan konsumen secara emosional, sedangkan motivasi utilitarian merupakan kegiatan berbelanja yang mengutamakan rasionalitas, efektivitas keputusan dan orientasi tujuan individu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya terlebih dahulu. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh motivasi hedonis dan motivasi utilitarian terhadap pembelian impulsif pada E-commerce secara parsial dan simultan, dan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi hedonis dan motivasi utilitarian terhadap pembelian impulsif pada E-commerce secara parsial dan simultan. Jenis penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk data cross section. Sumber data diambil dari hasil kuesioner (angket) mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi UIN Ar-Raniry angkatan 2019-2021 dengan jumlah responden sebanyak 73 mahasiswa. Adapun proses analisa data menggunakan SPSS 18, dan pada tahapan analisa data dimulai dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresis berganda, uji t (secara parsial) dan uji f (secara simultan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi hedonis (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada E-commerce (Y), sedangkan motivasi utilitarian (X2) secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pembelian impulsif E-commerce (Y). Secara simultan motivasi hedonis (X1) dan motivasi utilitarian (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif E-commerce (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Halil Maulana Halil
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:41
Last Modified: 05 Mar 2024 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35962

Actions (login required)

View Item
View Item