Pengelolaan Koperasi Dalam Penguatan Jiwa Enterprenership Santri Di Pesantren Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh Besar.

Wahidi, 180206070 (2024) Pengelolaan Koperasi Dalam Penguatan Jiwa Enterprenership Santri Di Pesantren Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Koperasi Dalam Penguatan Jiwa Enterprenership Santri] Text (Pengelolaan Koperasi Dalam Penguatan Jiwa Enterprenership Santri)
Wahidi, 180206070, FTK, MPI, 082273297130.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Jiwa kewirausahaan mendorong minat seseorang untuk mendirikan dan mengelola usaha secara professional. Dengan mempelajari koperasi yang baik juga dapat membentuk jiwa entrepreneur bagi kalangan santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengelolaan koperasi dalam penguatan jiwa entrepreneurship santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu kepala koperasi dan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Perencanaan koperasi madrasah dalam penguatan jiwa entrepreneur. 1) Menentukan tujuan untuk mendidik jiwa enterpreunerial. 2) Membuat SOP pengelolaan koperasi dalam pelaksanaan. 3) Pemberian tanggung jawab dalam pelaksanaan. Kedua, Pelaksanaan koperasi dalam penguatan jiwa enterpreunerial. 1) Keterlibatan dalam pelaksanaan pengelolaan koperasi. 2). Waktu beroperasi pada koperasi pesantren. Ketiga, Monitoring dan evaluasi pelaksanaan dalam jiwa enterpreunerial. 1) Monitoring dan motivasi langsung dari kepala koperasi di lapangan juga dapat memudahkan evaluasi selanjutnya. 2) Waktu evaluasi satu bulan sekali, kemudian santri diberikan pelatihan guna menambah wawasan dalam berwira usaha. Keempat , Tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi pengelolaan koperasi dalam penguatan jiwa entrepreneur. 1) seiring berjalannya pelaksanaan koperasi di lapangan kepala koperasi langsung memonitoring dan memberi motivasi langsung di lapangan.sehingga mudah di lakukan evaluasi selanjutnya. 2). Monitoring terhadap santri oleh kepala koperasi adalah memberikan monitoring sesuai yang sudah ada di praktekkan di lapangan. Kesimpulan Dari hasil penelitian di pesantren Tgk Chiek Oemar Diyan di temukan bahwa cara pengelolaan koperasi dan pengelolaan jiwa entrepreuneurship santri dengan cara melakukan petencanaan,pelaksanaan ,tindak lanjut pengelolaan dan monitoring dan evaluasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahidi Cekdi
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:30
Last Modified: 06 Mar 2024 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35969

Actions (login required)

View Item
View Item