Perancangan Jaringan Hotspot Server Berdasarkan Manajemen Bandwidth Dan Limit Uptime Menggunakan Mikrotik Di Kantor Kepala Desa Rukoh

Cut Vebiyola, 180212009 (2024) Perancangan Jaringan Hotspot Server Berdasarkan Manajemen Bandwidth Dan Limit Uptime Menggunakan Mikrotik Di Kantor Kepala Desa Rukoh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Jaringan Hotspot Server Berdasarkan Manajemen Bandwidth Dan Limit Uptime Menggunakan Mikrotik Di Kantor Kepala Desa Rukoh] Text (Perancangan Jaringan Hotspot Server Berdasarkan Manajemen Bandwidth Dan Limit Uptime Menggunakan Mikrotik Di Kantor Kepala Desa Rukoh)
Cut Vebiyola, 180212009, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Jaringan internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting di kehidupan era komunikasi global. Penggunaan teknologi internet telah menjadi hal wajib dalam berbagai aspek kehidupan tentu ini juga berlaku pada kantor kepala desa Rukoh. Umumnya sering terjadinya permasalahan pembagian bandwith yang tidak stabil saat semua menggunakan akses internet di kantor. Salah satu sistem operasi yang dapat digunakan untuk manajemen bandwidth dan juga limit waktu adalah Mikrotik RouterOS. Dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan. Untuk membuat sebuah hotspot, peneliti menjadikan router mikrotik sebagai server hotspot. Selanjutnya untuk pengaturan manajemen bandwith nya menggunakan user profil pada hotspot. manajemen bandwidth yang digunakan merupakan simple queue yaitu dibuat pada user profil di bagian hotspot, dimana setiap user memiliki bandwith yang berbeda beda. Untuk limit uptime peneliti mengaturnya menggunakan skrip ataupun coding yang di ketik di terminal, agar semua user memiliki batasan waktu untuk login. Dari semua data tersebut dapat dinyatakan bahwa manajemen bandwidth dan limit waktu berhasil sesuai dengan yang telah dikaji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Cut Vebiyola
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:18
Last Modified: 06 Mar 2024 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35972

Actions (login required)

View Item
View Item