Persepsi Pekerja Tentang Syukur (Studi Pekerja yang Bergaji di Bawah UMR Kecamatan Lhoksukon Kab. Aceh Utara)

Nur Maulana Suri, 160402073 (2023) Persepsi Pekerja Tentang Syukur (Studi Pekerja yang Bergaji di Bawah UMR Kecamatan Lhoksukon Kab. Aceh Utara). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Pekerja Tentang Syukur (Studi Pekerja yang Bergaji di bawah UMR Kecamatan Lhoksukon Kab. Aceh Utara)] Text (Persepsi Pekerja Tentang Syukur (Studi Pekerja yang Bergaji di bawah UMR Kecamatan Lhoksukon Kab. Aceh Utara))
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Persepsi merupakan proses diterimanya rangsangan melalui penginderaan selanjutanya akan diseleksi, mengatur dan menginterpretasikan masukan-masukan informasi secara langsung berupa positif (baik) maupun negatif (buruk), pandangan dan tanggapan yang diberikan oleh para pekerja yang bergaji dibawah UMR terhadap gaji yang mereka terima yang masih di bawah rata-rata UMR (Upah Minimum Regional). Ketidak sesuaian upah yang diterima para pekerja dengan UMR yang ditetapkan oleh pemerintah tentu memberikan dampak negatif bagi pekerja dalam hal memenuhi kebutuhan hidup layak. Sehingga timbul perbedaan persepsi dikalangan para pekerja antara bersyukur atau tidak bersyukur Ketika menerima gaji yang di bawah UMR. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi rasa syukur terhadap pekerja dibawah UMR dan tugas para pekerja yang bergaji dibawah UMR kecamatan Lhoksukon. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Responden dalam penelitian ini sebanyak 10 orang, responden dengan menentukan sampel secara purposive sampling hanya lima orang. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: (1) Bersyukur atas pekerjaan yang di implementasikan, dengan adanya rasa syukur yang diterapkan dalam kesehariannya akan menjadi salah satu motivasi mereka dalam bekerja. (2) sudah efektif dalam melaksanakan tugasnya sebagai pekerja, diantaranya yaitu: a). Memasuki jam kerja tepat waktu, b). Bertanggung jawab dan disiplin atas pekerjaan yang dilaksanakan, c). Mempertahankan etos kerja yang sudah dipercaya, d). Mengikuti aturan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Maulana Suri Suri
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:50
Last Modified: 06 Mar 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35977

Actions (login required)

View Item
View Item