Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 7 Aceh Besar

Khalid Maulana, 170201181 (2024) Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 7 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam] Text (Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam)
Khalid Maulana, 170201181, FTK, PAI, 082367766949.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

MTsN 7 Aceh Besar merupakan salah satu sekolah terdekat di daerah Kuta Baro, Aceh Besar, yang mana terdapat mata pembelajaran yang memperdalam pengetahuan tentang agama Islam salah satunya yaitu pelajaran sejarah kebudayaan islam, yang mana merupakan pebelajaran yang mudah membuat siswa jenuh dikarenakan siswa akan mudah merasa bosan dengan cerita masa lampau yang telah terjadi, maka dari itu berpengaruh dalam proses belajar dan pembelajaran yang mana kurangnya motivasi belajar siswa. Maka dari itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini dengan tujuan 1) untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 7 Aceh Besar. 2) untuk mengetahui faktor penghambat motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 7 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan menggunakan teknik analisa data model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Siswa MTsN 7 Aceh Besar pada pertemuan pertama memang memiliki keinginan belajar sejarah kebudayaan islam yang rendah beberapa siswa saja, beberapa lainnya ada yang memiliki keingin tahuan dalam belajar yang lebih tinggi. 2) Siswa MTsN 7 Aceh Besar motivasi ekstrinsik siswa dapat dilihat lebih meningkat yang mana siswa disini mebutuhkan dorongan dari guru baik berupa support secara lisan maupun dalam bentuk hadiah, karena siswa akan merasa lebih dihargai, begitu pula dengan faktor pendorong lainnya seperti fasilitas, strategi pembelajaran, teman sebaya, agar siswa tidak merasa monoton dalam belajar. 3) setelah pemberian reward dan punishment keinginan siswa belajar sejarah kebudayaan islam meningkat, siswa yang pada awal mulanya malas akan lebih tertarik jika diberikan ganjaran dan yang memang rajin akan semakin meningkatkan kemampuannya agar bisa mendapatkan apresiasi dari guru dan teman yang lain. Hal ini juga dapat menimbulkan keyakinan kepada siswa dalam mengerjakan tugas, jika diapresiasi dan mendapat pengakuan dari guru maupun teman kelas maka akan muncul kepuasan pada diri siswa, sehinggga guru mudah dalam mengkondusifkan siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khalid Maulana Khalid
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:48
Last Modified: 06 Mar 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35978

Actions (login required)

View Item
View Item