Upaya Guru Bimbingan Konseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMA Negeri 1 Darussalam

Tiska Mutia, 170213091 (2024) Upaya Guru Bimbingan Konseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMA Negeri 1 Darussalam. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Skripsi Tiska Mutia aplod FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Upaya guru bimbingan konseling terhadap perencanaan karir bertanggung jawab untuk membimbing siswa sehingga dapat memiliki kepribadian yang matang dan mengenal potensi dirinya secara menyeluruh. Dengan demikian siswa diharapkan mampu membuat keputusan yang terbaik untuk dirinya, baik dalam memecahkan masalah mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri I Darussalam. Untuk mengetahui perencanaan guru dalam perencanaan karir siswa di SMA Negeri I Darussalam. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 2 guru bimbingan konseling. Teknik pengumpulan data yang meliputi; wawancara . Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif terdiri dari pengumpulan data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian di peroleh bahwa upaya guru bimbingan konseling terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 1 Darussalam adalah dengan memberikan bimbingan, arahan serta pembinaan kepada siswa setiap hari, pembinaan yang diberikan kepada siswa sudah dilakukan sejak kelas 1 SMA untuk memberikan gambaran, kelas II SMA siswa sudah dapat memilih apa yang mereka inginkan sesuai dengan bidang mata pelajaran yang disukai oleh siswa, kelas III SMA siswa sudah dapat melaksanakan apa yang mereka inginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363 Masalah dan pelayanan sosial lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Tiska Mutia Tiska
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:04
Last Modified: 06 Mar 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35980

Actions (login required)

View Item
View Item