Implementasi Program Sustainable Development Goals (SDGS) Oleh Dinas Sosial Kota Banda Aceh Dalam Mengurangi Kemiskinan

Sri Anggun Oktaviana, 190802039 (2024) Implementasi Program Sustainable Development Goals (SDGS) Oleh Dinas Sosial Kota Banda Aceh Dalam Mengurangi Kemiskinan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Program Sustainable Development Goals (SDGS) Oleh Dinas Sosial Kota Banda Aceh Dalam Mengurangi Kemiskinan] Text (Implementasi Program Sustainable Development Goals (SDGS) Oleh Dinas Sosial Kota Banda Aceh Dalam Mengurangi Kemiskinan)
Sri Anggun Oktaviana, 190802039, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena kemiskinan saat ini masih menjadi permasalahan yang belum dapat di tuntaskan secara maksimal. Adanya kemiskinan ekstrem di beberapa negara menjadi penyebab dasar dari program yang di prakarsai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan membuat subuah pertemuan pada September 2000 yang di ikuti oleh 189 Negara dengan menyetujui deklarasi yang di kenal dengan sebutan The Milenium Development Goals (MDGS) yang kemudian berlanjut menjadi Sustainable Development Goals (SDGs). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan Dinas Sosial Kota Banda Aceh dalam mendukung program Sustainable Development Goals yang dapat mengurangi kemiskinan dan untuk mengetahui strategi Dinas Sosial Kota Banda Aceh dalam mengurangi kemiskinan melalui Program Sustainable Development Goals (SDGs).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) dan bersifat deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Sosial Kota Banda Aceh telah Mengimplementasikan Program Sustainable Development Goals (SDGs) pada point pertama (No Proverty)dengan baik dengan menjalankan program PKH (Program Keluarga Harapan) dan program lainnya yang bertujuan mengurangi kemiskinan yang ada di Kota Banda Aceh dan menjalankan strategi yang tertera dalam Renstra (Rencana Strategis) dengan cukup baik. Maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi Program Sustainable Development Goals (SDGs) oleh Kota Banda Aceh dalam mengurangi kemiskinan terimplementasi dengan baik dengan mencangkup indikator komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi dalam mengimplementasikan kebijakan dan dengan perumusan strategi,implementasi strategi, dan evaluasi strategi yang sudah memenuhi standar yang baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Sustainable Development Goals (SDGs)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sri Anggun Oktaviana
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:37
Last Modified: 07 Mar 2024 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36003

Actions (login required)

View Item
View Item