Struktur Sel Epidermis Dan Stomata Daun Suku Orchidaceae Sebagai Penunjang Matakuliah Praktikum Anatomi Tumbuhan

Wahyu Hidayat, 170207068 (2023) Struktur Sel Epidermis Dan Stomata Daun Suku Orchidaceae Sebagai Penunjang Matakuliah Praktikum Anatomi Tumbuhan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Struktur Sel Epidermis Dan Stomata Daun Suku Orchidaceae Sebagai Penunjang Matakuliah Praktikum Anatomi Tumbuhan] Text (Struktur Sel Epidermis Dan Stomata Daun Suku Orchidaceae Sebagai Penunjang Matakuliah Praktikum Anatomi Tumbuhan)
Skripsi SIDANG-wahyu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Praktikum mata kuliah Anatomi Tumbuhan yang selama ini sudah berjalan di Laboratorium Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh sudah terlaksana dengan optimal, namun seringnya mahasiswa praktikan mengalami kesulitan dalam membuat sayatan daun yang tipis sehingga menyebabkan proses praktikum tidak berjalan efektif dan sesuai tujuan untuk mendapatkan objek sel yang jelas dikarenakan kurangnya penguasaan teknik menyayat yang benar oleh mahasiswa praktikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur sel epidermis dan stomata daun anggrek dengan menggunakan metode sayatan paradermal dan replika dan untuk menganalisis hasil uji kelayakan modul sebagai penunjang praktikum anatomi tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Survei Eksploratif yang diambil sampel di lapangan penelitian. Pengambilan sampel dilakukan pagi hari pada pukul 08.00 WIB dan dilakukan penelitian di Laboratorium Pendidikan Biologi. Pengumpulan data pada penelitian ini secara deskriptif kualitatif. Data uji kelayakan media hasil penelitian menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian dari ke-4 jenis daun anggrek yang ditemukan di Gampoeng Cot Malem, Kabupaten Aceh Besar didapati struktur sel epidermis memiliki bentuk sel yang bervariasi, yakni memiliki bentuk memanjang, segi 5 dan segi 6 serta susunan sel tidak beraturan. Sedangkan struktur stomata pada daun anggrek bulan, kalajengking, anggrek larat dan anggrek katelia memiliki tipe anomositik, kedudukan stomata terhadap sel epidermis ada yang sama tinggi dengan permukaan epidermis dan ada yang menonjol, sel penutup berbentuk ginjal dengan jumlah sel tetangga 4. Hasil uji kelayakan terhadap modul praktikum memperoleh skor dengan persentase 78,65% dengan kategori layak untuk direkomendasikan sebagai penunjang praktikum anatomi tumbuhan pada materi epidermis dan stomata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Wahyu Hidayat Wahyu
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:08
Last Modified: 07 Mar 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36011

Actions (login required)

View Item
View Item