Pengaruh Sikap dan Kebutuhan Modal Kerja Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Mikro Pada Bank Syariah (Studi Pada Pelaku Usaha Di Luengbata Banda Aceh)

Muhammad Ichsan, 170603059 (2023) Pengaruh Sikap dan Kebutuhan Modal Kerja Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Mikro Pada Bank Syariah (Studi Pada Pelaku Usaha Di Luengbata Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Bank Syariah] Text (Bank Syariah)
Muhammad Ichsan, 170603059, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Keputusan pelaku UMKM dalam mengambil pembiayaan mikro berkaitan dengan tujuan strategis untuk pengembangan usahanya, yang mana keputusan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh faktor sikap dan faktor kebutuhan modal kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap dan kebutuhan modal terhadap keputusan pelaku UMKM dalam pengambilan pembiayaan mikro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey dan melibatkan 87 orang responden, dan diambil secara acak dari beberapa lokasi di Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dan kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sikap dan kebutuhan modal, secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pengambilan pembiayaan mikro pada pelaku usaha di Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh, dengan nilai pengaruh sebesar 56,80%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Ichsan Ichan
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:19
Last Modified: 07 Mar 2024 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36012

Actions (login required)

View Item
View Item