Dampak Kebijakan PPKM Terhadap Pelaku Usaha Café Di Kawasan Rekreasi Mon Ikeu Lhoknga Aceh Besar

Ilham Akbar, 180801023 (2023) Dampak Kebijakan PPKM Terhadap Pelaku Usaha Café Di Kawasan Rekreasi Mon Ikeu Lhoknga Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Kebijakan PPKM, Usaha Cafe] Text (Kebijakan PPKM, Usaha Cafe)
Ilham Akbar, 180801023, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pemberlakuan kebijakan PPKM pada masa pandemi Covid berdampak pada segala sektor. Salah satu sektor yang sangat berpengaruh adalah sektor perekonomian usaha cafe dikawasan rekreasi Mon Ikeu Lhoknga Aceh Besar. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kebijakan PPKM terhadap perekonomian pelaku usaha cafe yang berada dikawasan rekreasi Mon Ikeu Lhoknga Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan subjek dipilih berdasarkan jenis pekerjaan yaitu pemilik usaha cafe. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan penerapan PPKM yang dirasakan oleh para pelaku usaha adalah terbatasnya operasional usaha, dimana pemilik café dilarang membuka usaha mereka. Hal ini mengakibatkan merosotnya pendapatan usaha dan pelaku usaha harus merumahkan para pekerja selama penerapan PPKM. Strategi yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk mengatasi kendala tersebut salah satunya dengan menerapkan penjualan teknik take away dan memanfaatkan media social sebagai media promosi usahanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Ilham Akbar Ilham
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:17
Last Modified: 08 Mar 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36032

Actions (login required)

View Item
View Item