Analisis Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif Untuk Peningkatan Perekonomian (Studi Di Act Provinsi Aceh)

Balma Amaldi, 190602192 (2024) Analisis Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif Untuk Peningkatan Perekonomian (Studi Di Act Provinsi Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Analisis Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif Untuk Peningkatan Perekonomian (Studi Di Act Provinsi Aceh)] Text (Analisis Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif Untuk Peningkatan Perekonomian (Studi Di Act Provinsi Aceh))
Balma Amaldi, 190602192, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Wakaf merupakan pranata keagamaan dalam Islam yang memiliki hubungan langsung secara fungsional dengan upaya pemecahan masalah-masalah sosial dan kemanusiaan, seperti pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan wakaf produktif oleh ACT Provinsi Aceh, manajemen wakaf produktif yang dikelola ACT Provinsi Aceh dan pengelolaan wakaf produktif yang dilakukan ACT Provinsi Aceh sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif-deskriptif. Teknis analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga langkah, yaitu reduksi data, merangkum dan menganalisis serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan wakaf produktif oleh ACT Provinsi Aceh dilakukan secara terpisah dan dikelola secara bertahap. Sedangkan manajemen pengelolaannya berorientasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan sehingga hasil dari pengelolaan tersebut dapat diperuntukkan kepada masyarakat lainnya. Pengelolaan wakaf produktif dengan baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh. Oleh karena itu ACT harus selalu memastikan penggunaan wakaf produktif dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan baik serta mampu mewujudkan kemandirian ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Balma Amaldi Balma
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:27
Last Modified: 08 Mar 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36035

Actions (login required)

View Item
View Item