Optimalisasi Prosedur Pembiayaan Usaha Mikro pada PT.BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh

Dinda Mawarni, 140601057 (2017) Optimalisasi Prosedur Pembiayaan Usaha Mikro pada PT.BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Spreadsheet (Membahasa tentang Optimalisasi Prosedur Pembiayaan Usaha Mikro Pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh)
Optimalisasi Prosedur Pembiayaan Usaha Mikro.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. BPRS Hikmah Wakilah tempat penulis melaksanakan Kerja Praktik bertempat di Jl. Sri Ratu Safiatuddin No. 11-13 Peunayong Banda Aceh. Pihak Bank menempatkan penulis di bagian Pembiayaan dan Legal, sehingga dapat terlihat langsung bagaimana proses pembiayaan Murābahah yang dilaksanakan oleh PT. BPRS Hikmah Wakilah. Adapun tujuan Laporan Kerja Praktik ini untuk mengetahui bagaimana Optimalisasi Prosedur Pembiayaan Usaha Mikro pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. BPRS merupakan lembaga keuangan yang mengembangkan usaha simpan pinjam dan lebih fokusnya untuk melayani Usaha Mikro yang menginginkan proses mudah, pelayanan cepat, dan persyaratan ringan. Akad pembiayaan pada PT. BPRS Hikmah Wakilah menggunakan akad Murābahah. Nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Bank. Pihak Account Officer (AO) melakukan analisis dengan menggunakan prinsip kehati-hatian dan setelah itu proses pembuatan Memorandum Usulan Pembiayaan (MUP). Kemudian komite langsung ke Direktur yang akan memutuskan apakah berkas tersebut di terima, di tahan, atau di tolak. Yang Selanjutnya diikuti dengan proses pencairan apabila berkas di terima. Di antara faktor Ketertarikan nasabah pada suatu produk yang ditawarkan oleh PT. BPRS Hikmah Wakilah adalah adanya pelayanan antar jemput setoran untuk mempermudah nasabah dalam melakukan pembayaran setoran harian dan Pelayanan yang dilakukan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang cendrung tidak meninggalkan usaha kesehariannya di pasar, toko, atau rumah. Namun, PT. BPRS Hikmah Wakilah harus mengoptimalkan Pembiayaan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya pada pengembangan Usaha Mikro, dan memberikan modal usaha yang mana pembiayaan atas usaha tersebut jelas, transparan, produktif, dan halal, serta diharapkan kepada AO untuk sering turun ke lapangan dan meningkatkan komunikasi yang baik dengan nasabah agar kemacetan pada pembayaran dapat teratasi.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muhammad Zulhilmi, MA; NIP. 19720428005011003 2.Dr. Nur Baety Sofyan, Lc., MA; NIP. 198208082009012009
Uncontrolled Keywords: Pembiyaan, Bank, BPRS, Mikro
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Dinda Mawarni
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:02
Last Modified: 15 Aug 2017 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item
TOP