Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Putri Amelia Rangkuti, 190602355 (2023) Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Inovasi Produk, Pemanfaatan Media Sosial,  Pengembangan UMKM] Text (Inovasi Produk, Pemanfaatan Media Sosial, Pengembangan UMKM)
Putri Amelia Rangkuti, 190602355, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan kota yang terdiri dari usaha kue, anyaman, pengasinan ikan hingga UMKM jenis usaha pembuatan batu bata dan sebagainya. Perkembangan jenis-jenis UMKM ini tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, inovasi produk yang diciptakan dan strategi pemasaran yang didalamnya memuat kegiatan promosi baik secara langsung maupun memanfaatkan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan pemanfaatan media sosial terhadap pengembangan UMKM ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam baik secara parsial maupun simultan. Teori yang digunakan terdiri dari teori inovasi produk, pemanfaatan media sosial dan pengembangan UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasi. Sampel dalam penelitian seluruh anggota koperasi sebanyak 100 yang diambil dengan teknik rondom sampling. Teknik pengumpulan data kuesioner. Analisa data menggunakan SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Inovasi produk berpengaruh terhadap pengembangan UMKM di Kota Banda Aceh. Pemanfaatan media sosial secara parsial berpengaruh terhadap pengembangan UMKM di Kota Banda Aceh. Inovasi produk dan pemanfaatan media sosial secara simultan berpengaruh terhadap pengembangan UMKM di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Amelia Rangkuti
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:22
Last Modified: 18 Mar 2024 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36117

Actions (login required)

View Item
View Item