Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tematik Siswa Kelas IV MIN 22 Aceh Besar

Muhammad Ihsan, 170209120 (2024) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tematik Siswa Kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tematik Siswa Kelas IV MIN 22 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tematik Siswa Kelas IV MIN 22 Aceh Besar)
Muhammad Ihsan, 170209120, FTK, PGMI, 085373209632.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MIN 22 Aceh Besar yang dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi dalam memilih model pembelajaran di sekolah. Proses belajar mengajar hanya mengunakan buku ajar. Maka dengan adanya penerapan model Discovery Learning pada pembelajaraan tematik dapat membantu guru untuk menigkatkan kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan model Discevery Learning pada pembelajaran tematik siswa kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi dan soal tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 77% dengan kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 97,27% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 70,5% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 93,91% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 61,29% dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 96,77% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 22 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ihsan Ihsan
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:39
Last Modified: 18 Mar 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item
View Item