Peran Balai Latihan Kerja (BLK) Dalam Mengurangi Pengangguran di Kota Banda Aceh

Editia Ari Putra, 160604049 (2022) Peran Balai Latihan Kerja (BLK) Dalam Mengurangi Pengangguran di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Balai Latihan Kerja, Pengangguran, Kota Banda Aceh] Text (Balai Latihan Kerja, Pengangguran, Kota Banda Aceh)
Editia Ari Putra, 160604049, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pengangguran adalah masalah sosial yang perlu ditanggulangi. Kota Banda Aceh peringkat 6 tertinggi pengangguran dari seluruh kabupaten/kota Provinsi Aceh. BLK Banda Aceh sebagai lembaga pemerintah bertugas menanggulanginya. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran BLK mengurangi pengangguran di Kota Banda Aceh dan kendala yang dihadapi. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif melalui wawancara. Hasil penelitian yaitu BLK Banda Aceh sudah berperan mengurangi pengangguran di Kota Banda Aceh maupun di seluruh wilayah Aceh dengan cara melakukan perekrutan calon tenaga kerja untuk dilakukan pelatihan guna memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja. Para calon tenaga kerja yang lulus diberikan sertifikat. BLK Banda Aceh menjalin kerja sama dengan pihak ketiga baik untuk tempat praktik peserta pelatihan maupun penempatan kerja tenaga kerja bila dibutuhkan. BLK Banda Aceh juga menjadi fasilitator penyediaan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan maupun intansi. Kendala yang dihadapi BLK Banda Aceh yaitu ruangan pelatihan yang terbatas, waktu yang tersedia melatih para peserta pelatihan terbatas sehingga materi yang diserap oleh para peserta pelatihan tidak maksimal, dan masalah pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editia Ari Putra Editia
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:20
Last Modified: 18 Mar 2024 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36122

Actions (login required)

View Item
View Item