Biodiversitas Gastropoda di Kawasan Pantai Pasir Putih Lamreh Kabupaten Aceh Besar Sebagai Buku Ajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Mesjid Raya

Rizka Fadhlia, 190207095 (2024) Biodiversitas Gastropoda di Kawasan Pantai Pasir Putih Lamreh Kabupaten Aceh Besar Sebagai Buku Ajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Mesjid Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang biodiversitas gastropoda] Text (Membahas tentang biodiversitas gastropoda)
Rizka Fadhlia, 190207095, FTK,PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Siswa SMA Negeri 1 Mesjid Raya belum mampu mengidentifikasi keanekeragaman tingkat jenis pada materi keanekaragaman hayati. Hal ini disebabkan oleh media pembelajaran yang terbatas yaitu buku cetak serta LKPD yang informasinya masih sangat terbatas, sehingga dibutuhkan media yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis indeks biodiversitas dan uji kelayakan buku ajar terkait biodiversitas gastropoda di Kawasan Pantai Pasir Putih Lamreh kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kombinasi metode transek garis dan transek kuadrat serta Research and Development. Metode transek garis digunakan untuk melihat indeks biodiversitas gastropoda, sedangkan metode Research and Development (R&D) digunakan untuk pengembangan buku ajar. Analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menghitung indeks biodiversitas gastropoda menggunakan rumus Shannon-Wienner dan menghitung kelayakan buku ajar menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks biodiversitas gastropoda di Kawasan Pantai Pasir Putih Lamreh Kabupaten Aceh Besar tergolong dalam kriteria sedang dengan nilai H′ = 2,290. Uji kelayakan terhadap buku ajar Keanekaragaman Gastropoda di Pantai Pasir Putih Lamreh Kabupaten Aceh Besar tergolong dalam kriteria sangat layak dengan perolehan nilai 87,8%. Informasi terkait karakteristik dan indeks biodiversitas dikembangkan menjadi buku ajar pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizka Fadhlia
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:17
Last Modified: 21 Mar 2024 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36125

Actions (login required)

View Item
View Item