Perkawinan Antar Suku Aceh Dan Suku Alas Di Kota Banda Aceh

Dina Ulfa, 190501084 (2024) Perkawinan Antar Suku Aceh Dan Suku Alas Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Perkawinan Antar Suku Aceh Dan Suku Alas Di Kota Banda Aceh] Text (Perkawinan Antar Suku Aceh Dan Suku Alas Di Kota Banda Aceh)
Dina Ulfa, 190501084, FAH, SKI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tingginya angka migrasi di suatu wilayah membuat terjadinya percampuran suku di suatu wilayah. Percampuran inilah yang kemudian membuat seseorang saling mengenal satu sama lain dari latar belakang budaya yang berbeda, dari interaksi inilah menimbulkan kenyamanan dan ketertarikan satu sama lain, tidak sedikit masyarakat yang melakukan migrasi kemudian menikah dengan sesama pendatang maupun dengan warga lokal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya perkawinan antar suku, problematika perkawinan antar suku, serta untuk mengetahui dampak perkawinan antar suku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, mengumpulkan data dan fakta sebanyak mungkin mengenai suatu hal guna mendapatkan pemahaman secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang peneliti dapatkan kemudian di analisis dengan cara mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa perkawinan antar suku disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor eksternal karena adanya keadaan lingkungan yang sudah bercampur dengan bermacam ragam suku dan faktor internal karena adanya ketertarikan dari kepribadian yang dirasa saling cocok. Problematika yang dihadapi pasangan antar suku yaitu restu orang tua, adat istiadat, pola pikir, komunikasi, dan lingkungan. Dampak yang ditimbulkan dari pernikahan antar suku yaitu terjadinya akulturasi budaya, kecerdasan anak serta perubahan lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Dina Ulfa
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:06
Last Modified: 20 Mar 2024 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36127

Actions (login required)

View Item
View Item