Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru

Adi Saputra, 150206033 (2024) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru] Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru)
Adi Saputra, 150206033, FTK, MPI, 082286411819.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru yaitu melaksanakan semua yang menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin. Membangun motivasi dan semangat mengajar guru perlu adanya kepemimpinan yang baik dalam mencapai tujuan tersebut. Kurangnya motivasi dari kepala sekolah dapat menyebabkan kurang baiknya guru dalam mengelola pembelajaran maupun sikap profesionalnya. Adapun permasalahan dalam tujuan penelitian ini, peneliti ingin mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru dikarenakan pengamatan awal ditemukan bahwa kurangnya kesadaran guru dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepempimpinan kepala sekolah dalam menigkatkan motivasi mengajar guru. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi berulang-ulang dan teknik wawancara serta teknik dokumentasi untuk menggali hasil yang optimal dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru di SMA 2 Sampoiniet Aceh Jaya terlihat dari peran kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator (2) Upaya kepala sekolah dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi mengajar guru sudah cukup baik dimana kepala sekolah menerapkan pendekatan dan pembinaan, menerapkan sistem manajemen terbuka dengan cara menjalin komunikasi yang baik antar warga sekolah, menetapkan program kegiatan, memberikan reward dan juga punishment

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
200 Religion (Agama) > 209 Sekte dan Gerakan Pembaharuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Adi Saputra Adi
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:29
Last Modified: 20 Mar 2024 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36128

Actions (login required)

View Item
View Item