Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Geometri di SMP/MTs

Evi Rahmadani, 200205024 (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Geometri di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi] Text (Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi)
Evi Rahmadani, 200205024, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Modul ajar matematika adalah salah satu perangkat ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan dari hasil observasi di sekolah bahwa belum tersedia modul ajar matematika berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Hanya sedikit guru yang dapat mengembangkan modul ajar dan selebihnya masih menggunakan modul ajar yang berasal dari internet. Oleh sebab itu peneliti ingin memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan melakukan pengembangan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi yang mampu menunjang proses pembelajaran dan mampu meningkatkan minat belajar siswa SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul ajar matematika berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi geometri di SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti Langkah-langkah pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli dan lembar validasi guru. Hasil penelitian menunjukkan modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria kevaliditasan, hal ini diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai rata-rata total dengan kriteria sangat valid. Selain itu, kepraktisan modul memenuhi kriteria sangat praktis, hal ini diperoleh dari penilaian hasil analisis lembar validasi guru menunjukkan dari segi isi modul diperoleh persentase 90,8% dengan kriteria sangat praktis dan dari segi tampilan diperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria yang sangat valid dan sangat praktis sehingga modul ajar tersebut sudah dapat digunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Evi Rahmadani
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:26
Last Modified: 20 Mar 2024 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36130

Actions (login required)

View Item
View Item