Kepemimpinan Perempuan Dalam Membina Keluarga Sepeninggalan Suami Di Kecamatan Seulimeum

Jauzi Ahla, 170403055 (2024) Kepemimpinan Perempuan Dalam Membina Keluarga Sepeninggalan Suami Di Kecamatan Seulimeum. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kepemimpinan Perempuan Dalam Membina Keluarga Sepeninggalan Suami Di Kecamatan Seulimeum] Text (Kepemimpinan Perempuan Dalam Membina Keluarga Sepeninggalan Suami Di Kecamatan Seulimeum)
Jauzi Ahla, 170403055, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kepemimpinan Perempuan Dalam Membina Keluarga Sepeninggalan Suami Di Kecamatan Seulimuem”. pada saat ini banyak perubahan realitas, salah satunya disebabkan oleh kematian sosok suami dalam keluarga yang kemudian membuat perempuan harus menjadi single parent. Keadaan tersebut menyebabkan banyak perempuan beralih peran menjadi pemimpin keluarga. Tidak dapat dipungkiri hal ini akan terus meningkat kedepannya diberbagai daerah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan perempuan dalam membina keluarga sepeninggalan suami di kecamatan seulimeum dan Untuk mengetahui apa saja tantangan perempuan dalam memimpin keluarga sepeninggalan suami di kecamatan seulimeum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Metode penelitian deskriptif digunakan untuk menyelidiki sekelompok orang, suatu objek, suatu keadaan, suatu sistem pemikiran, atau suatu peristiwa yang sedang terjadi. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat suatu gambaran yang sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta, sifat, dan hubungan antara fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian penulis tentang Kepemimpinan Perempuan Dalam Membina Keluarga Sepeninggalan Suami Di Kecamatan Seulimuem dapat disumpulkan. Dalam memenuhi kebutuhan perempuan single parent di Kecamatan Seulimeum memiliki berbagai cara, yaitu melakukan berbagai macam bentuk pekerjaan yaitu bergadang, buruh cuci, tukang masak. Ada juga yang mengharapkan bantuan pemerintah serta meminta bantuan kerabat maupun tetangga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dalam mendidik anak perempuan single parent di Kecamatan Seulimeum memiliki 3 cara yaitu penuh kedisiplin, memberikan kebebasan dengan batasan yang wajar, serta memberikan kebebasan karna rasa percaya. Untuk memenuhi kebutuhan kasih sayang keluarga perempuan single parent di Kecamatan Seulimeum memberikan perhatian kepada anggota salah satunya memenuhi kebutuhan anggota keluarga tampa diminta. Sedanglan Tantangan yang dihadapi perempuan single parent dalam memimpin keluarga ialah memenuhi kebutuhan dan penghasilan yang tidak sesuai serta dalam pembagian waktu antara mencari nafkah dengan mengurus anggota keluarga lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Jauzi Ahla
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:30
Last Modified: 20 Mar 2024 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36131

Actions (login required)

View Item
View Item