Penerapan Keamanan Jaringan Menggunakan Sistem Snort Dan Honeypot Sebagai Pendeteksi Dan Pencegah Malware

Zakia Fuada, 190212006 (2024) Penerapan Keamanan Jaringan Menggunakan Sistem Snort Dan Honeypot Sebagai Pendeteksi Dan Pencegah Malware. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Keamanan Jaringan Menggunakan Sistem Snort Dan Honeypot Sebagai Pendeteksi Dan Pencegah Malware] Text (Penerapan Keamanan Jaringan Menggunakan Sistem Snort Dan Honeypot Sebagai Pendeteksi Dan Pencegah Malware)
Zakia Fuada, 190212006, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi informasi khususnya keamanan jaringan komputer dan layanan-layanannya yang mempermudah pekerjaan-pekerjaan manusia sehari-hari, akan tetapi di sisi lain timbul masalah yang sangat serius, yakni faktor keamanannya. Manusia sudah sangat tergantung dengan sistem informasi, akan tetapi statistik insiden keamanan meningkat tajam. Hal ini secara umum terjadi karena kepedulian terhadap keamanan sistem informasi masih sangat kurang.
Penelitian ini menggunakan metode action research adalah metode penelitian yang digunakan untuk menguji, mengembangkan. Diagnosis pada tahap ini dilaksanakan analisa kebutuhan, analisa permasalahan yang muncul analisa keiginan user dan topologi yang sedang berjalan. Action Planing pada tahapan ini dari peneliti memahami masalah dan akan melakukan penerapan konfigurasi snort dan honeypot menggunakan sistem operasi linux ubuntu untuk menyelesaikan masalah keamanan jaringan pada laboratorium multifungsi UIN Ar-Raniry. Intervention pada tahap ini peneliti melakukan implementasi snort dan honeypot.
Honeypot adalah sebuah sistem atau komputer yang sengaja dijadikan umpan untuk menjadi target serangan dari penyerang (attacker), sehingga penyerang akan terjebak oleh umpan Honeypot. Snort adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mendeteksi adanya serangan pada sebuah komputer atau server. Snort merupakan pilihan yang tepat untuk dipadukan dengan Honeypot karena dengan perpaduan ini maka penyerang dapat terjebak oleh room palsu buatan honeypot serta data dari penyerang akan dapat langsung terbaca oleh Snort. Dari hasil sistem honeypot dan snort ini memberikan informasi bahwa penyerang berhasil melakukan login ke dalam port ftp/21 menggunakan usernama dan password dari serangan hydra. Alamat ip address dan waktu serangan yang dilakukan penyerang juga tercatat pada sistem honeypot dan snort.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Zakia Fuada
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:04
Last Modified: 20 Mar 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36133

Actions (login required)

View Item
View Item