Penerapan Sanksi Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pemerkosaan Yang Dilakukan Lansia Terhadap Anak Dibawah Umur (Penelitian di Mahkamah Syar‟iyah Jantho)

Indria Dwi Pratiwi, 170106033 (2023) Penerapan Sanksi Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pemerkosaan Yang Dilakukan Lansia Terhadap Anak Dibawah Umur (Penelitian di Mahkamah Syar‟iyah Jantho). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Lansia, Anak dibawah umur, Sanksi] Text (Lansia, Anak dibawah umur, Sanksi)
Indria Dwi Pratiwi, 170106033, FSH, IH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tindak kekerasan seksual dapat terjadi pada siapapun dan dapat dilakukan oleh siapa saja baik orang dewasa, anak-anak, bahkan orang yang lanjut usia melakukan tindakan tersebut. Sebagaimana kasus seorang lansia asal Montasik terbukti melakukan rudapaksa terhadap empat anak di bawah umur. Oleh karena penelitian ini mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apakah faktor penyebab trjadinya pemerkosaan anak dibawah umur yang dilakukan oleh lansia, 2) Bagaimana Penerapan Hukum Bagi Pelaku Tidak Pidana Pemerkosaan Yang Berusia Lanjut Terhadap Anak Dibawah Umur, 3) Bagaimana asas-asas hukum terhadap Penjatuhan Sanksi Oleh Hakim Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pemerkosaan Yang Berusia Lanjut Terhadap Anak Dibawah Umur. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan penelitian yuridis empiris dengan melakukan wawancara. Adapun hasil kajian, pelaku tindak pemerkosaan yang berusia lanjut terbukti secara sah dan bersalah melanggar pasal 50 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat dan memenuhi unsur jarimah kesusilaan. Ada beberapa faktor yakni faktor kejiwaan pelaku, diri pelaku, lingkungan, ekonomi, pendidikan formal dan agama, hingga faktor teknologi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berharap ada tindak lanjut dari pemerintah terutama diberikannya edukasi terhadap keberanian untuk melaporkan hal sekecil apapun terkait kekerasan atau pelecehan seksual

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Indria Dwi Pratiwi Indri
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:56
Last Modified: 20 Mar 2024 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36134

Actions (login required)

View Item
View Item