Desain dan Implementasi Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa Berbasis Website di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Ikhwatusyifa Adiby, 190705046 (2023) Desain dan Implementasi Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa Berbasis Website di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang desain dan implementasi sistem informasi Unit Kegiatan Mahasiswa] Text (Membahas tentang desain dan implementasi sistem informasi Unit Kegiatan Mahasiswa)
IKHWATUSYIFA ADIBY - TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh merupakan sebuah Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang memberikan wadah bagi para mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat baik secara akademik maupun non-akademik. Selain fokus pada pengembangan intelektual mahasiswa dalam bidang akademik di ruang kuliah, UIN Ar-Raniry juga mendukung mahasiswa dalam mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler diluar ruang kuliah. Dalam upaya mengapresiasi bakat mahasiswa tersebut dibentuk Unit Kegiatan Mahsiswa (UKM) dalam beberapa bidang kegiatan, dengan harapan dapat melahirkan talenta yang berprestasi. Bertambahnya mahasiswa membuat kampus kesulitan menyebarkan informasi mengenai UKM, penyebaran informasi dilakukan dengan cara membuka stand kegiatan atau promosi via media sosial seperti instagram dan whatsapp, hal ini dinilai kurang efektif karena ketika ada perekrutan anggota UKM baru, banyak mahasiswa yang melewatkan informasinya. Selain itu penyebaran informasi dilakukan terpisah sesuai dengan akun media sosial masing-masing UKM sehingga mahasiswa sulit mendapat informasi UKM secara kumulatif. Untuk mengatasi permasalahan ini dibangun sebuah Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa UIN Ar-Raniry sebagai pusat penyebaran informasi mengenai seluruh UKM yang terdaftar di UIN Ar-Raniry. Selain menyebarkan informasi sistem ini berfungsi untuk menyimpan seluruh data terkait UKM, baik informasi mengenai UKM, kegiatan yang dilaksanakan, jadwal kegiatan, kepengurusan UKM, keanggotaan UKM, galeri kegiatan UKM hingga absensi kegiatan para anggota. Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa UIN Ar-Raniry berbasis website dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter serta database MySQL. Sistem informasi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mendapatkan informasi megenai UKM dan diharapkan juga dapat membantu kepengurusan UKM UIN Ar-Raniry dalam mengelola unit kegiatan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Ikhwatusyifa Adiby Syifa
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:14
Last Modified: 21 Mar 2024 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36139

Actions (login required)

View Item
View Item