Analisis Petanggungan Risiko Kerja Pada Penangkaran Lobster Perspektif Ijarah ‘Ala Al-‘Amal (Study Kasus Di Kec. Teupah Selatan Kab. Simeulue)

Warahmah Abon, 190102153 (2024) Analisis Petanggungan Risiko Kerja Pada Penangkaran Lobster Perspektif Ijarah ‘Ala Al-‘Amal (Study Kasus Di Kec. Teupah Selatan Kab. Simeulue). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Analisis Petanggungan Risiko Kerja Pada Penangkaran Lobster Perspektif Ijarah ‘Ala Al-‘Amal (Study Kasus Di Kec. Teupah Selatan Kab. Simeulue)] Text (Analisis Petanggungan Risiko Kerja Pada Penangkaran Lobster Perspektif Ijarah ‘Ala Al-‘Amal (Study Kasus Di Kec. Teupah Selatan Kab. Simeulue))
Warahmah Abon, 190102153, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Risiko adalah suatu peristiwa yang menimbulkan dampak bertentangan dengan tujuan yang telah dicapai, Penangkaran lobster membutuhkan waktu yang panjang dan risiko yang tinggi. Dalam akad kerja berupa akad ijārah ála al-ámāl adalah suatu perjanjian yang berbentuk mempekerjakan seseorang, terdapat dua rumusan masalah dalam skripsi ini:Pertama, Bagaimana Pertanggung jawaban risiko kerja pada penangkaran lobster di Kab Simeulue? Kedua,Bagaimana perspektif Ijarah ‘Ala al-‘Amal terhadap sistem pertanggungan risiko pekerja pada penangkaran lobster di Kab. Simeulue? Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif analisis, data yang dikumpulkan melalui teknik wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama risiko kerja yang dapat di alami pekerja penangkaran lobster adalah rusaknya oksigen saat menyelam, rusaknya boat karena cuaca buruk yang dapat menyebabkan luka dan kematian.pertanggungjawaban yang dilakukan oleh pengusaha lobster adalah memberikan pengobatan jika karyawannya skit atau kecelakaan, menyantuni keluarganyaa jika karyawannya meninggal. Dalam perspektif akad ijarah ‘ala al-‘amal tentang pertanggungan risiko kerja sudah sesuai jika dilihat dari syarat dan rukun yang ditentukan dalam fiqh muamalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Warahmah Abon Rahmah
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:11
Last Modified: 21 Mar 2024 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36143

Actions (login required)

View Item
View Item