Turnitin Artikel Jurnal Petita

Abdul Wahid, 2029097205 (2024) Turnitin Artikel Jurnal Petita. UIN Ar-Raniry, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hasil pemeriksaan similarity via turnitin terhadap artikel dalam Jurnal Petita] Text (Hasil pemeriksaan similarity via turnitin terhadap artikel dalam Jurnal Petita)
turnitin petita.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)

Abstract

Sebagian ilmuan dan pegiat HAM di luar Islam telah banyak melontarkan pendapat dan kritikan pedas terhadap ajaran Islam khusus nya dalam persoalan HAM. Dalam aksinya, tidak sedikit pegiat HAM di luar Islam telah melancarkan tuduhan kepada dunia Islam, berupa pelanggaran HAM di negara-negara Islam melalui pelaksanaan hukum Islam (Syariat Islam) seperti di beberapa negara Islam, dan term asuk provinsi Aceh di Indonesia. Dalam beberapa peristiwa di Aceh khususnya telah berkembang dengan pesat bahwa Aceh tidak ramah HAM dalam penegakan hukum syariat seperti hukuman cambuk, Rajam, dan Had. Artikel ini bertujuan menjawab bagaimana konsep HAM dalam Islam khususnya dalam Hadis Nabi, bagaimana cakupan konsep HAM dalam Islam dan bagaimana cakupan HAM dalam Hadis Nabi Saw. Artikel menggunakan metode telaah dokumen yaitu teks al-Qur'an dan hadis, dengan pendekataan filosofis dan dianalisis dengan metode content analysis. Hasil telaahnya dapat dikemukakan bahwa Islam adalah agama yang ramah HAM, cakupan ham Islam sangat luas berupa adanya perhatian kepada hak asasi makhluk selain manusia, seperti hewan dan tumbuhan, bangunan dan lingkungan secara keseluruhan. HAM versi Islam tidak hanya untuk diterapkan dalam perang, tetapi juga dalam kondisi aman, seperti dalam kehidupan berbisnis dan interaksi lainnya.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X2 Hadis dan ilmu yang berkaitan > 2X2.3 Kumpulan Hadis Menurut Bidang Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Mr abdulwahid arsyad
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:46
Last Modified: 21 Mar 2024 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36165

Actions (login required)

View Item
View Item