Kepemimpinan Perempuan Di Ranah Publik: (Studi Terhadap Kepala Desa Sital Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue)

Laila Wahyuni, 180305079 (2024) Kepemimpinan Perempuan Di Ranah Publik: (Studi Terhadap Kepala Desa Sital Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Kepemimpinan Perempuan Di Ranah Publik: (Studi Terhadap Kepala Desa Sital Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue)] Text (Kepemimpinan Perempuan Di Ranah Publik: (Studi Terhadap Kepala Desa Sital Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue))
Laila Wahyuni, 180305079, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kepemimpinan perempuan dalam ranah publik atau dunia politik, menjadi hal yang selalu menarik untuk dibicarakan, mulai dari meningkatnya jumlah minimum 30% kursi di parlemen untuk perempuan, isu-isu kesetaraan gender yang mengatakan bahwa perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga dan pengurus para suami mereka, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan feminisme. Namun hal tersebut berbeda dengan desa Sital kabupaten Simeulue. Dimana di Desa Sital kabupaten Simeulue di pimpin oleh kepala Desa perempuan. Beliau sudah memimpin selama kurang lebih 3 tahun. Kepemimpinannya di mulai Pada Tahun 2019 hingga sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana pandangan masyarakat terhadap keberadaan keuchik perempuan didesa sital, Untuk mengetahui apa saja hambatan hambatan seorang keuchik dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Desa, Masyarakat, Tokoh masyarakat, Imam Mesjid, Tokoh pemuda dan tokoh perempuan di Desa Sital. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Selama kepemimpinan perempuan di Desa Sital masyarakat merasa puas dengan kepemimpinannya karena Ibu Ariana adalah sosok perempuan yang bertanggung jawab dan cerdas dalam menyelesaikan suatu masalah dapat dilihat bahwa kepemimpinan kepala desa perempuan sudah membawa banyak perubahan kepada masyarakat Desa Sital dan mampu memberikan motivasi kepada masyarakat. Kedua, hambatan kepala Desa adalah dalam jam kerja ketika adanya pengadaan rapat yang tiba-tiba mendadak apalagi ketika membahas tentang keuangan dikarenakan memakan waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Laila Wahyuni
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:38
Last Modified: 22 Mar 2024 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36184

Actions (login required)

View Item
View Item