Efektivitas Penyaluran Fasilitas Menjahit pada Kelompok Jahit dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kota Banda Aceh

Stesia, 150604054 (2022) Efektivitas Penyaluran Fasilitas Menjahit pada Kelompok Jahit dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Efektivitas, Penyaluran, Fasilitas Menjahit, Pemberdayaan] Text (Efektivitas, Penyaluran, Fasilitas Menjahit, Pemberdayaan)
Stesia, 150604054, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Usaha industri konveksi atau kelompok menjahit merupakan salah satu usaha yang cukup berkembang di Kota Banda Aceh. Untuk itu Pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja telah memberikan bantuan terhadap kelompok jahit. Hanya saja, perlu ada upaya yang matang dalam melaksanakan program penyaluran fasilitas jahit agar dapat diaslurkan secara tepat sasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran Pemerintah Banda Aceh menyalurkan fasilitas menjahit pada kelompok jahit di dalam pemberdayaan masyarakat, untuk menganalisis dampak penyaluran fasilitas tersebut, dan untuk mengetahui efektivitas penyaluran fasilitas menjahit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini terdiri dari wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah Kota Banda Aceh dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu: menyerahkan fasilitas masin jahit, pengawasan, dan pelatihan. Dampak penyaluran fasilitas jahit adalah positif, yaitu membantu kelompok jahit yang mempunyai keterbatasan atau kerusakan mesin, dan terbukanya lapangan kerja.
Penyaluran fasilitas menjahit kepada kelompok jahit di Kota Banda Aceh belum efektif, karena ada dua indikator yang belum dipenuhi yaitu ketepatan sasaran dan sosiialisasi perogram yang belum dapat dipenuhi. Adapun dua indikator yang lainnya sudah terpenuhi yaitu tujuan program dan proses pemantauan dan pengawasan program

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Stesia Stesia
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:51
Last Modified: 22 Mar 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36186

Actions (login required)

View Item
View Item