Identifikasi Kelimpahan Mikroplastik Pada Sedimen Dan Ikan Kuwe (Caranx Sp) Di Kawasan Pesisir Pantai Gampong Jawa Banda Aceh

Risna Fajri Annas, 190702026 (2024) Identifikasi Kelimpahan Mikroplastik Pada Sedimen Dan Ikan Kuwe (Caranx Sp) Di Kawasan Pesisir Pantai Gampong Jawa Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Identifikasi Kelimpahan Mikroplastik Pada Sedimen Dan Ikan Kuwe (Caranx Sp) Di Kawasan Pesisir Pantai Gampong Jawa Banda Aceh] Text (Identifikasi Kelimpahan Mikroplastik Pada Sedimen Dan Ikan Kuwe (Caranx Sp) Di Kawasan Pesisir Pantai Gampong Jawa Banda Aceh)
Risna Fajri Annas, 190702026, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kehadiran Mikroplastik pada sedimen perairan merupakan salah satu ancaman terhadap biota yang hidup di perairan khususnya ikan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan mikroplastik pada sedimen dan ikan kuwe (Caranx sp) di pesisir pantai Gampong Jawa Banda Aceh. Proses penelitian ini dimulai dengan pengambilan sampel, preparasi sampel, identifikasi mikroplastik, dan uji FT-IR untuk mengetahui jenis polimer sebagai asal mikroplastik pada sampel ikan. Beberapa jenis mikroplastik yang berhasil diidentifikasi adalah fragmen, fiber,dan film. Warna mikroplastik yang ditemukan yaitu warna coklat, transparan, hitam, biru, dan merah. Kelimpahan mikroplastik yang ditemukan pada sedimen yaitu 1630 partikel/kg. Kelimpahan mikroplastik yang ditemukan pada ikan, yaitu pada bagian organ saluran pencernaan dan pada tubuh ikan dengan kelimpahan masing-masing 975 partikel/kg dan 135 partikel/kg. Hasil dari analisis FTIR telah memverifikasi beberapa jenis polimer seperti Polypropylene (PP), Polystyrene (PS), Poly (methyl methacrylate), Ethylene vinyl acetate (EVA), Nylon, High-density polyethylene (HDPE), dan Low-density polyethylene (LDPE), dengan gugus fungsi yang sesuai. Temuan mikroplastik di pesisir pantai Gampong Jawa Banda Aceh, menandakan adanya kontaminasi mikroplastik. Oleh karna itu, diperlukan upaya pencegahan untuk mengurangi kelimpahan mikroplastik di perairan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Risna Fajri Annas
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:33
Last Modified: 25 Mar 2024 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36193

Actions (login required)

View Item
View Item