Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Program Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMPS Fajar Hidayah Aceh

Mahbengi Arve, 170201138 (2024) Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Program Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMPS Fajar Hidayah Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Program Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMPS Fajar Hidayah Aceh] Text (Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Program Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMPS Fajar Hidayah Aceh)
Mahbengi Arve, 170201138, FTK, PAI, 082366383298.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Sekolah Boarding school merupakan tempat terbaik dalam pembentukan karakter karena didampingi secara langsung oleh pembina asrama, oleh sebab itu sekolah Boarding school memiliki program-program yang dapat membentuk karakter peserta didik, program-program keagamaan tersebut yaitu tahsin, tahfidz, pengajian kitab, hadits, muhadarah, budaya religius dan fikih, dengan adanya program tersebut dapat membuat siswa sangat aktif untuk mengikuti program keagamaan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi guru terhadap efektivitas program keagamaan dalam pembentukan karakter peserta didik?Bagaimana pelaksanaan program-program keagamaan dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah Fajar Hidayah?. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualiatif, data diperoleh melalui wawancara Kepala Sekolah, 4 Guru Tahfidz, 1
Pembina Asrama, 1 Guru Kelas dan 6 orang siswa, observasi guru dan penyebaran angket kepada guru sebanyak 12 orang. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap efektivitas program keagamaan dalam pembentukan karakter peserta didik secara keseluruhan semua program memiliki nilai-nilai dengan kriteria sangat baik, program tahsin nilainya 97,4 kriteria sangat baik, program tahfidz nilainya 94,14 kriteria sangat baik, program kitab nilainya 83,8 kriteria sangat baik, program muhadarah nilainya 91,57 kriteria sangat baik, program hadits nilainya 89 kriteria sangat baik, program shalat nilainya 98,3 kriteria sangat baik, program PHBI dan budaya relgius nilainya 95,56 kriteria sangat baik, program fikih nilainya 97,4 dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan program-program keagamaan dalam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahbengi Arve Arve
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:46
Last Modified: 25 Mar 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36199

Actions (login required)

View Item
View Item