Komunikasi Interpersonal Antara Customer Service dan Jama’ah ‘Umrah di PT. Lintas Asia Dzahab

Muhammad Rival, 180401029 (2023) Komunikasi Interpersonal Antara Customer Service dan Jama’ah ‘Umrah di PT. Lintas Asia Dzahab. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Customer Service] Text (Customer Service)
Muhammad Rival, 180401029, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan bagian dari suatu proses interaksi, sedangkan istilah interaksi bermakna suatu tindakan yang timbal balik dan mempunyai hubungan saling mempengaruhi. customer service merupakan salah satu administrator pelayanan publik terhadap pelanggan yang berkonsultasi pasti mempunyai permasalahan dan latar belakang yang berbeda-beda. Dalam hal ini sulitnya cara berkomunikasi yang dilakukan customer service dengan pelanggan yang disebut sebagai jama’ah adalah permasalahan yang dialami oleh customer service saat berinteraksi dengan jama’ah yang sudah lanjut usia, disinilah peran customer service menentukan sikap dan tindakan seperti apa memberikan pelayanan yang baik kepada jama’ah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah dalam proses komunikasi antara customer service dan jama’ah ’umrah PT. Lintas Asia Dzahab, untuk mengetahui hambatan yang terjadi pada komunikasi antara customer service dan jama’ah dan untuk memberi solusi terhadap hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses komunikasi interpersonal berlangsung, customer service memberikan pelayanan kepada jama’ah ’umrah dengan senyum, salam dan sapa. Kemudian customer service melihat keadaan jama’ah ketika hendak berkomunikasi dan akan menyesuaikan pembicaraan apabila jama’ah tersebut lanjut usia maupun dari segi bahasa yang digunakan. Hambatan yang dialami oleh customer service yaitu kelalaian dari jama’ah dan hambatan dari jama’ah yaitu kurang tanggapnya customer service dalam menjawab solusi dari hambatan yang dialami oleh jama’ah ’umrah PT. Lintas Asia Dzahab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Rival Rival
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:57
Last Modified: 26 Mar 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36202

Actions (login required)

View Item
View Item