Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan Di Desa Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2021

KMS.Reikhal Ramadhana, 180403080 (2024) Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan Di Desa Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2021. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan Di Desa Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2021] Text (Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan Di Desa Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2021)
KMS. Reikhal Ramadhana, 180403080, FDK, MD .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan di Desa Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan pada Desa Lambheu, untuk mengetahui Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan di Desa Lambheu dan penyebab terjadinya hambatan-hambatan Dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Lambheu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis wawancara dilakukan secara langsung dengan informan yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Tuha Peut, Kaur Pembangunan, Kepala Dusun dan Masyarakat. Hasil penelitian diperoleh bahwa rencana pembangunan gampong 2021 tidak terjalankan semua, karena terjadi pandemic covid 19 yang menyebabkan satu pembangunan yang hanya dapat dijalankan karena tidak membutuhkan biaya yang besar yaitu pembangunan tempat wudhu di meunasah. Sedangkan pembangunan drainase tidak dapat dijalankan karena membutuhkan biaya yang besar. Dana Desa pada tahun 2021 diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). System pengelolaan dana desa di desa lambheu sudah baik mulai dari tahap perencanaan yang dimulai dengan musdus, musdes dan musrenbangdes. Tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh masyarakat local dan tahap pengawasan yang dilakukan oleh Masyarakat, Tuha Peut dan APIP. Pembangunan yang telah dilakukan semua berdasarkan atas usulan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: KMS.Reikhal Ramadhana
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:27
Last Modified: 26 Mar 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36209

Actions (login required)

View Item
View Item